Qomar, Kanker Ganas, dan Komedi Ibadah


Jakarta, Humoria - Komedian senior Nurul Qomar ikhlas dengan penyakit yang dideritanya.

Setelah menghirup udara bebas usai menjalani vonis satu tahun lima bulan dalam kasus pemalsuan dokumen, Qomar harus berjuang melawan penyakit kanker ganas stadium 4C pada usus besar dan usus halusnya

Kini Qomar tengah dalam proses pemulihan. Personel grup lawak Empat Sekawan ini mengetahui dirinya mengidap kanker setelah mengalami kesulitan buang air besar, termasuk tidak bisa buang gas (kentut).

Dirinya juga telah dioperasi untuk membuat stoma atau lubang buatan di pinggang, untuk jalur buang kotoran akibat gangguan yang dialami kolon atau dubur.

"Saya merasakan betapa pedihnya, betapa prihatinnya menjadi orang yang mendapatkan berkah kanker ganas yang menyerang usus besar dan usus halus stadium 4C," kata Qomar.

Kini, upaya pengobatan rutin memang harus dijalani Qomar. Bahkan, dalam enam bulan ke depan, dirinya akan menjalani kemoterapi, yang membutuhkan biaya besar.

Meski terkejut ketika dokter memvonisnya dengan kanker ganas, komedian kelahiran 11 Maret 1960 ini menganggap penyakit yang dideritanya adalah sebuah berkah.

"Kanker ganas di usus besar dan usus halus ini harus diangkat. Stadium 4C. Ini surprise buat saya. Tapi nggak apa-apa. Ini kan proses perjalanan yang saya harus lewati. Saya pikir ini peristiwa qauliyah (tanda kebesaran Allah). Peristiwa sebab dan akibat," kata Qomar tegar, tapi lirih.

Qomar memang ikhlas. Dia tak ingin menyalahkan Tuhan sedikit pun atas sakitnya, dan menyerahkan sepenuhnya pada Allah SWT. Sehari-hari Qomar tetap mengajar seperti biasa sebagai dosen, dan tetap ceria selayaknya komedian.

(Arya Brajadenta)

Post a Comment

Previous Post Next Post