Mari Tertawa Bersama Gambar

 

Komik strip Grontol. (Foto: instagram @komik.grontol)

Jakarta, Humoria - Ada banyak jenis bentuk humor, termasuk satu di antaranya dalam bentuk komik atau kartun. 


Komik humor merupakan jenis komik yang menampilkan cerita lucu, sehingga bisa memancing senyum mereka yang menikmatinya. 


Sebagaimana diungkapkan kartunis G.M Sudarta, humor adalah sesuatu yang mampu mengundang tawa. Humor tercipta tidak sekadar hiburan dan guyonan dalam kartun humor adalah gambar yang memiliki bentuk lucu atau ciri khas tertentu.  Gambar kartun itu, masih menurut Sudarta, dapat berupa tokoh binatang atau manusia. 


Awal masa kejayaan kartun humor di Indonesia bermula dari sekitar tahun 1990-an, seiring kian majunya industri persuratkabaran di tanah air. Eksistensi komik dan para kartunis semakin kuat.  Pentingnya kehadiran dalam pers penerbitan, baik buku cerita, majalah dan surat kabar tak dapat disangkal lagi. Hampir setiap surat kabar dan majalah menyediakan ruang khusus untuk komik atawa karikatur. 


Akun Instagram @komik.grontol yang kerap membuat parodi kartun tentang segala sesuatu yang viral, menjadi salah satu wadah menarik bagi penikmat komik di era digital kini. 


Komik Grontol atau yang berasal dari singkatan Gurauan Orang Tolol (Grontol) ini merupakan komik strip penuh humor. Berdiri sejak Maret 2018, menurut Laste, pencipta sekaligus komikus Grontol menceritakan awalnya memberi nama Komik Kejepit. 


"Saya gambar manual di atas kertas nota sambil menjaga toko. Itu sebelum beralih ke komik digital," kata Laste, lulusan Seni Murni ISI Yogyakarta, seperti dilansir detikcom. 


Ketika beralih ke komik digital, Laste punya ide untuk membuat komik strip humor. "Kebetulan saya punya banyak imajinasi konyol dan tolol. Namanya sendiri kan kependekan dari 'Gurauan Orang Tolol'," kata Laste. 


Mengutip dari whatNerd, komik terbagi ke dalam beberapa kategori-kategori. Komik memiliki ciri-ciri dan karakteristik, meliputi: 


1. Hadir untuk Bercerita 


Cerita yang disampaikan dalam komik humor memiliki hubungan yang runtut. Selain itu cerita disampaikan lewat gambar dan bahasa.  


2.   Bersifat Proposional 


Komik mampu menarik pembaca untuk terlibat dalam cerita yang dibawakan, sehingga secara emosional pembaca ikut merasakan dan berperan dalam cerita komik. Pembaca juga dapat terlibat menjadi peran utama apabila dapat mendalami cerita dalam komik. 


3. Menggunakan Bahasa Percakapan 


Teks yang ada dalam komik pada umumnya menyapikan dialog-dialog antar tokoh dalam cerita. Bahasa yang digunakan dalam penulisan percakapan tersebut menggunakan percakapan sehari-hari yang cenderung tidak formal. Sehingga komik menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca. 


4. Bersifat Kepahlawanan 


Pada umunya komik mengangkat cerita yang mengandung unsur kepahlawanan. Hal ini sangat baik karena sebagain besar pembaca komik merupakan anak-anak dan remaja yang membutuhkan cerita kepahlawanan yang dijadikan contoh untuk bertindak sehari-hari, sehingga cerita yang disajikan dalam komik dapat membuat pembaca dapat mempunyai sikap kepahlawanan. 


5. Penggambaran Watak Sederhana 


Watak tokoh pada cerita komik sebaiknya digambarkan secara sederhana, karena komik lazim minim teks. Itulah sebabnya dalam komik penggambaran watak perlu dilakukan secara sederhana melalui dialog-dialog antartokoh dan secara visual. Hal ini akan membuat pembaca mudah mengerti karakteristik dari tokoh-tokoh yang disajikan dalam komik. 


6. Terdapat Unsur Humor 


Cerita dalam komik perlu juga disisipi humor yang biasa beredar dalam masyarakat, agar banyolan dalam komik mudah dimengerti dan dekat dengan penikmatnya. 


Nah, dilihat dari alur ceritanya komik terdiri dari: 


1. Komik Edukasi 


Komik jenis ini bertujuan mengedukasi dengan tidak mengesampingkan fungsi hiburannya. 


2. Komik Promosi 


Komik promosi dibuat untuk keperluan promosi atau meperkenalkan suatu produk. 


3. Komik Silat 


Komik silat merupakan komik yang sangat popular, karena tema yang disajikan dalam komik berupa adegan laga atau pertarungan. 


4. Komik Wayang 


Komik wayang merupakan komik

Post a Comment

Previous Post Next Post