Krisna Purwana, Nostalgia Sersan Prambors





Jalarta, Humoria - 
Meraih gelar juara dua lomba lawak mahasiswa, menjadi pintu masuk Krisna Purwana ke dunia hiburan. 


Bersama pesaing dalam lomba yang digelar di Taman Ismail Marzuki itu, Nana Krip si peraih juara ketiga, Ferrasta Soebardi alias Pepeng juara pertama, dan Taufik juara keempat, Krisna pun menjadi bagian dari grup lawak Gerak Musik Seloroh (GM Selo), yang terbentuk pada 1978.


Popularitas GM Selo pun tak terbendung. Pada 1979, mereka turut membintangi film Rojali dan Juleha yang disutradarai Nyak Abbas Akup.


Bahkan, industri musik pun mereka sasar. Bersama Iwan Fals @iwandals, para pelawak ini mengisi album bertajuk Canda Dalam Ronda yang dirilis pada 1979.


Setahun berselang, album Yang Muda Yang Bercanda beredar. Selain GM Selo, kelompok musik humor Pancaran Sinar Petromaks (PSP) juga turut berpartisipasi di album ini.


Pada 1985, GM Selo berubah nama menjadi Sersan Prambors. Nama ini diambil dari program Serius Santai di stasiun radio tempat mereka bernaung, Prambors, yang menjadi alternatif barometer gaya hidup kawula muda kala itu.


Tampilnya personel GM Selo di Prambors tak lepas dari ide Sys NS. Kala itu, sejak 1983, GM Selo sudah mengudara di radio Bahana dan dikenal lewat program Bahana Jokes. 


Krisna bercerita, saat itu Prambors sampai rapat dan mencari cara agar pendengar mereka tak berhamburan ke Bahana setiap malam Rabu.


"Lalu kata Sys, 'susah-susah amat, Krisna aja gua tarik ke sini'. Hahaha. Jadi, sama Sys saya ditarik ke Prambors," kata Krisna kepada Fayruzza A. Kamal @fayrgchin dari Humoria.


Tanpa Taufik yang jatuh sakit, akhirnya Pepeng, Krisna, Nana Krip, ditambah Sys NS dan Mukhlis Gumilang, Sersan Prambors pun akhirnya muncul setiap malam Jumat, melanjutkan program komedi rutin Warkop yang personelnya saat itu kian sibuk di kancah perfilman. 


Personel Sersan Prambors kini tersisa Krisna dan Mukhlis, setelah Pepeng, Nana dan Sys meninggal dunia. Sampai saat ini Krisna masih berkutat di dunia radio, rutin siaran di Radio Silaturahmi (Rasil).

Post a Comment

Previous Post Next Post